Timur Langit Indonesia > Artikel Outbound Timur Langit > Outbound Training > Mengapa Masih Tetap Ikut Training Outbound?

Mengapa Masih Tetap Ikut Training Outbound?

Pertanyaan selanjutnya, mengapa banyaknya outbound training dengan tema yang tidak terlalu berbeda tetap saja mendapatkan peserta? Sebenarnya hal ini secara tidak langsung menunjukkan adanya kebutuhan training dalam masyarakat. Sementara untuk mengetahui alasan di balik kedatangan para peserta dalam kegiatan ini, mari kita lihat dari jenis pesertanya terlebih dahulu.
 
Kita mudah menemui peserta yang hadir secara ’gratis’ karena memang sebagai duta perusahaan, dan jenis lain yang menjadi duta diri sendiri. Kondisi ini secara implisit telah menunjukkan adanya perbedaan cukup tajam yang mewarnai motivasi dan tujuan mereka. Kemungkinan besar Anda juga pernah menjadi keduanya.
 
Peserta atas nama perusahaan.
·         Karyawan dinilai potensial secara skill dan motivasi, di sisi lain, peserta pun memiliki motivasi sejalan dengan perusahaan.
·         Karyawan dinilai potensial, namun ia sendiri menganggap training sebagai selingan dari rutinitas kantor yang membosankan
·         Perusahaan hanya memenuhi kewajiban ’fasilitas’ pengembangan karyawan dan gengsi asosiasi bisnis (profesi), namun karyawan memiliki potensi skill dan motivasi internal.
·         Perusahaan hanya memenuhi kewajiban seperti di atas dan karyawan pun menyambut sebagai tugas tidak jauh berbeda dengan rutinitas di dalam kantor
 
Peserta mandiri
·         Peserta ingin mengembangkan dan mengasah skill yang telah ada
·         Peserta membutuhkan legalisasi atau sertifikasi satu skill, misalnya penguasaan suatu jenis alat tes dalam psikologi termasuk ijin penggunaanya
·         Peserta ingin mengetahui perkembangan atas suatu disiplin (profesi) terkini dan prediksi terdekat atas peluangnya dalam dunia praktis di masyarakat.
·         Peserta ingin mengembangkan jejaring kerja (network), terutama dalam pelatihan wirausaha atau dunia usaha dan mereka yang sedang merintis usaha mandiri.
 
Trend dan Network
Setelah mempertimbangkan dua faktor umum suatu training, yakni tema yang berulang atau mirip dan waktu pembelajaran yang singkat, apa sebenarnya manfaat yang paling realistis dan berlaku bagi kedua jenis peserta di atas?
 
Perkembangan skill, keilmuan, pengetahuan tidak mampu dibendung dengan sekat-sekat gedung perkantoran. Dinamikanya menjadi semakin tidak sederhana manakala bertemu dengan kebutuhan untuk eksis dalam masyarakat, mengingat kompetisi dan ragam sosial yang melingkupi. Maka, membaca dan membuat peta kekinian menjadi faktor yang patut diperhitungkan dalam memilih dan mengikuti sebuah training.
 
Jika kita bukan pebisnis atau belum terpikir untuk membuka bisnis mandiri, bukan berarti tidak perlu mengembangkan network. Secara praktis dan langsung terlihat adalah kemungkinan terbukanya peluang bagi kita yang menemui masalah dalam meniti karir di tempat bekerja sekarang sehingga berpindah perusahaan menjadi salah satu solusi. Akan tetapi terdapat alasan lain yang tidak kalah luas terkait dengan pengembangan skill dan perkembangan dunia profesional yang kita geluti. Semakin luas network, semakin luas pula kemungkinan akan akses informasi terutama di tingkat praktis masyarakat. Bukan tidak mungkin interaksi positif ini memberikan inspirasi untuk membuat atau mengembangkan bisnis mandiri.
 
Inspirasi dan Semangat
Faktor lain yang berperan penting sebagai manfaat dalam training adalah sebagai sumber inspirasi dan semangat.
Mengingat sebagian besar training menyajikan "the same song, the same lyrics", maka salah satu fungsi yang ditawarkan adalah kemampuannya memberikan inspirasi. Tidak ada jaminan secara eksplisit oleh panitia penyelenggara atau tokoh yang menjadi nara sumber, tapi tidak sedikit yang gemar mendatangi pelatihan karena pengalaman positif mendapatkan inspirasi sehingga membuat mereka kembali menghadiri bahkan training yang sama.
 
Training outbound sebagai sumber semangat, di sini peserta merasa mendapatkan suntikan semangat baru yang tergerus oleh kepelikan hidup, bisa juga menguatkan semangat yang telah ada di hati peserta. Peran sebagai peserta yang bisa dibahasakan sebagai ’pihak pembelajar’ bersama sejumlah peserta lain dalam waktu dan tempat yang sama, memberikan keuntungan semangat tersendiri. Posisi "senasib" ini tidak jarang mampu memetikkan perasaan I’m not alone who learns this new thing, atau I’m not the only one who doesn’t understand the skill yet.
 
Inspirasi dan semangat adalah dua hal yang bisa hadir dalam hitungan detik. Kita bisa menemukan dalam kalimat yang terselip di antara halaman novel hingga musik atau percakapan dengan seorang kawan. Dua vitamin yang mampu mengubah kelembaman yang kadang menghinggapi kita menjadi lompatan kangguru yang tinggi dan jauh.
 
Training merupakan salah satu bentuk apresiasi dan media ’pembelajaran’ dalam memahami dinamika kehidupan manusia. Karena itu pula, training terus mengalir dengan tema-tema yang mungkin akan membosankan telinga kita hingga bibir kita menggumam, "...again?" Toh, kita memiliki hak untuk memilih menu dari banyaknya hidangan ini. Bagaimana jika sebagai duta perusahaan? Tentu, kita masih bisa memilih untuk mengaktifkan segala ’kesadaran’ untuk menikmati ’penugasan’ dalam kedamaian, atau bersungut dan membiarkan waktu berdetak sia-sia.
 
Timur Langit, sebagai sebuah provider outbound training di Jawa Timur dan khususnya lembaga outbound di Surabaya, tim kami berusaha membantu perusahaan/lembaga anda untuk mewujudkan keinginan dalam penyelenggaraan kegiatan outbound training maupun training motivasi, dengan paket outbound yang menarik, di dukung dengan outbound games yang bervariasi dan bersifat untuk pengembangan kinerja individu maupun tim, Timur Langit sebagai salah satu alternative wisata outbound bagi perusahaan/lembaga anda, dengan lokasi outbound di Jawa Timur yang mendukung, selain itu Timur Langit juga dapat menyelenggarakan Wisata Rafting, Gathering, Outing, Paintball maupun Wisata Petualangan yang lainnya di Jawa Timur

Outbound Jawa Timur - Outbound Surabaya - Outbound Pacet - Outbound Training

KUNJUNGAN KE WEB INI